Tips Memilih Calon Pembantu Rumah Tangga (PRT)

Saat ini, pembantu rumah tangga atau PRT merupakan salah satu kebutuhan yang tidak dapat terhindarkan bagi banyak orang, terutama mereka yang tinggal di kota besar dan tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan pekerjaan domestik.

Namun, memilih tenaga PRT bukanlah suatu hal yang mudah. Ada banyak hal yang patut dipertimbangkan ketika Anda mencari PRT. Tingkat kepercayaan menjadi syarat yang paling utama dalam memilih pembantu rumah tangga yang baik, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda berencana untuk memilih tenaga PRT terutama pasca lebaran seperti saat ini, berikut tips-tips yang dapat Anda perhatikan dalam memilih PRT:

Menggunakan agen atau yayasan penyalur PRT

Ini merupakan salah satu langkah paling mudah dan aman dalam memilih tenaga PRT. Jasa agen atau yayasan penyalur PRT umumnya menawarkan garansi atas kualitas PRT yang mereka salurkan. Para agen penyalur PRT tersebut juga biasanya memiliki banyak pilihan tingkatan pengalaman kerja PRT sesuai kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk memilih jasa penyalur PRT yang terpercaya dan para tenaganya tidak memiliki catatan kriminal.

Bertanya pada teman atau kerabat

Dengan memperkerjakan seseorang yang sudah dikenal baik oleh teman atau kerabat akan membuat kita tidak khawatir bahwa orang tersebut nantinya akan melakukan tindak kriminal. Hal ini dikarenakan kita dapat mengetahui dengan jelas tentang keluarga dan asalnya. Lebih baik lagi jika teman atau kerabat kita sudah pernah menggunakan jasa PRT tersebut.

Mempunyai identitas yang lengkap

Apakah Anda mendapatkan jasa PRT dari penyalur PRT maupun rekomendasi teman, pastikan bahwa orang yang akan bekerja untuk Anda mempunyai identitas lengkap seperti KTP asli dan nomor kontak yang mudah dihubungi.

Lakukan interview

Ketika Anda telah mantap dalam memilih calon PRT yang akan bekerja di rumah Anda, temui terlebih dahulu orang tersebut dan lakukan interview layaknya sedang menyeleksi calon karyawan. Bila perlu, buat pertanyaan yang masih berkaitan dengan jenis pekerjaan yang akan ia lakukan. Hal ini akan membantu Anda dalam melihat kualitasnya dalam bekerja dan juga kepribadiannya.

Jelaskan deskripsi pekerjaan secara detail

Sebelum Anda merekrut calon PRT, jelaskan dengan detail deskripsi pekerjaan yang akan mereka lakukan nantinya. Jangan sampai mereka tidak tahu dengan tugas yang akan dikerjakan, atau lebih parahnya lagi, tidak memiliki pengalaman sama sekali di bidang tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *