Tips Untuk Kamu yang Ingin Memulai Jasa Penulisan Artikel

Menurut kalian, siapa pihak yang bisa menentukan standar kualitas dari sebuah artikel? Seorang profesor? Atau mungkin seorang filsuf zaman di masa lampau? Sebenarnya, tidak ada standar khusus dari sebuah artikel, karena itu sangat relatif. Meski begitu, ada beberapa keharusan dalam membuat artikel agar tulisan tersebut dikatakan bagus. Ya, benar sekali. Itu adalah materi yang pasti pernah kamu dapatkan ketika duduk di bangku sekolah, yakni 5W dan 1H.

Lantas, apakah sebuah artikel yang telah mengandung unsur 5W dan 1H bisa dikatakan bagus? Jawabannya adalah sama, yaitu relatif. Kamu harus sering membaca banyak referensi, serta menerima kritik dari pembaca setelah dia membaca tulisanmu. Dengan begitu, kemungkinan besar skill menulismu akan bisa meningkat secara konsisten.

Nah, bagi kamu yang belum pernah menulis dan ingin belajar, saya akan memberi beberapa tips untuk membuat artikel. Saya harap setelah membaca artikel ini kamu akan mendapat gambaran tentang bagaimana menulis artikel sehingga nanti siap membuka jasa penulis artikel.

Menentukan Tema

Kunci pertama saat hendak menulis artikel adalah menentukan tema yang kamu kuasai. Untuk pemula, usahakan jangan menulis artikel yang bertema aneh-aneh karena itu bisa menyulitkanmu ketika mencari referensi. Sebagai awalan, kamu lebih baik memilih tema yang paling disukai, seperti sepak bola, olahraga, otomotif, komedi, atau hal ringan lainnya. Jangan paksakan menulis topik yang tidak kamu sukai, karena mungkin hal tersebut dapat membuatmu trauma terhadap menulis.

Buat Kerangka Artikel

Tips kedua jika ingin membuka jasa penulis artikel adalah membuat kerangka. Pilah keseluruhan topik yang ingin kamu tulis menjadi poin-poin kecil. Dengan begitu, pembahasanmu akan terarah dan tentunya bisa lebih fokus.

Mencari Referensi

Sebelum menulis artikel, kamu harus mencari referensi sebanyak-banyaknya. Itu karena info yang kamu tulis harus valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Selain materi, kamu juga punya tokoh yang gaya tulisannya kamu sukai. Untuk pemula hal ini tidak masalah. Nanti, setelah kamu mulai jago, barulah gunakan sendiri gaya menulismu.

Tulis Saja

Wajar jika seorang pemula melakukan kesalahan, jadi kamu tidak perlu takut salah. Itu karena semua orang awalnya juga pemula, termasuk mereka yang sudah profesional di bidang jasa penulis artikel. Dengan begitu, tulis saja dulu, nanti koreksi belakangan. Kesimpulannya: jangan takut salah.

Tinggalkan Balasan