Bagaimana Menentukan Harga Jasa

Bagaimana menentukan harga untuk bisnis jasa? Cara menentukan harga yang pas dipengaruhi oleh 2 faktor, internal dan eksternal. Nah kita bahas faktor yang pertama yaitu faktor internal.
 
Faktor internal ini mengacu pada segitiga di bawah.  Ada bagus, ada cepat dan ada murah. Triangle ini sangat berkaitan tapi kamu hanya bisa memilih dua saja untuk menentukan harga. Jika memilih bagus dengan cepat, artinya kamu nggak bisa ngasih harga murah. Yup, alasannya karena bagus dan cepat sudah pasti memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Jadi harganya nggak mungkin bisa murah. Jika kamu pilih antara cepat dengan murah, maka hasilnya sudah pasti tidak akan bagus.
 
harga-jasa
 
Jadi menentukan harga bisnis sebuah jasa kurang lebih seperti itu. Selain faktor internal yang tadi dijelaskan dengan bentuk segitiga, ada juga faktor eksternal. Faktor eksternalnya apa saja sih?
 
Yang pertama, harga jasa dipengaruhi oleh siapa pelanggan kita. Ketahui target pasarnya siapa, menengah ke bawah atau menengah ke atas. Misalkan kamu menjalankan bisnis di jasa cuci mobil. Harga cuci mobil ini beragam, ada yang harganya Rp35.000, ada yang harganya Rp50.000, bahkan ada yang harganya mencapai Rp100.000. Kamu kemudian bisa lihat pasarnya, kalau pasarnya untuk mobil-mobil biasa, Rp35.000 mungkin cukup.
 
Yang kedua, harga jasa dipengaruhi oleh faktor biaya dan modal. Misalkan tempat cucian mobilnya punya sendiri, lalu tempatnya kecil, alat-alatnya standar dan tidak hi-tech, maka wajar harganya dipatok 30 sampai Rp50.000. Sebaliknya, jika fasilitas, alat dan pelayanannya lebih baik,  maka wajar jika harganya bisa lebih tinggi.
 
Selanjutnya, harga jasa itu juga dipengaruhi oleh pengeluaran untuk karyawan. Kamu mungkin bisa memberikan harga yang kompetitif jika dikerjakan sendiri. Namun, jika punya karyawan, sudah pasti kamu perlu menghitung pengeluaran tiap bulannya, dan memasukan komponen tersebut ke dalam harga cuci.
 
Yang ke-4, harga jasa juga dipengaruhi oleh kompetitor. Artinya, di sini akan terjadi persaingan harga. Idealnya, kamu harus bisa memberikan harga lebih rendah dengan kualitas lebih baik dari pesaing. Jika tidak bisa lebih murah, minimal pelayanan yang kamu berikan sama seperti yang diberikan pesaing.
 
Kurang lebih seperti itu cara menentukan sebuah harga jasa. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan