Tips Merawat Karpet Agar Lebih Awet

Meskipun terlihat sepele, namun karpet adalah salah satu perabot rumah tangga yang rentan sekali terkena debu karena letaknya di lantai (dan selalu diinjak). Karpet yang tidak terawat akan terlihat kusam dan mengganggu estetika ruangan Anda. Selain kusam, karpet yang tidak terawat juga rentan sekali mengandung kuman yang berbahaya bagi kesehatan.

merawat karpet

Merawat karpet memang susah-susah-gampang, oleh sebab itu banyak orang seringkali menyepelekan perawatan karpet itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk merawat karpet kesayangan Anda di rumah:

Hindarkan dari sinar matahari

Jangan biarkan sinar matahari langsung mengenai karpet Anda, karena dapat membuat warna karpet cepat memudar. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa gunakan tirai untuk menghalangi sinar matahari, yang bisa mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk.

Bersihkan karpet secara rutin

Membersihkan karpet adalah hal penting yang harus Anda lakukan secara rutin untuk merawat karpet Anda. Paling tidak, Anda harus membersihkannya dengan vacuum cleaner enam bulan sekali. Hanya saja, vacuum cleaner hanya mampu membersihkan debu saja. Untuk bagian dalam karpet yang sulit dijangkau, Anda dapat menggunakan jasa cuci karpet atau laundry.

Hindari berjalan di atas karpet dengan kaki telanjang

Banyak orang beranggapan bahwa berjalan di rumah tanpa alas kaki dapat membuat karpet bersih lebih lama. Namun anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Kaki mengeluarkan minyak dan keringat yang dapat mengotori karpet. Sebaiknya, gunakan kaus kaki atau slippers saat berjalan di atas karpet.

Ubah posisi karpet secara rutin

Ubah posisi karpet Anda untuk menjaga bagian tertentu yang sering terinjak-injak atau bagian tertentu yang tidak terpakai. Hal ini akan mengurangi tingkat kerusakan sebagian karpet akibat pemakaian juga menyebarkan tingkat pemakaian ke seluruh permukaan karpet.

Gulung ketika tidak digunakan

Misalkan karpet di ruang TV, gulunglah jika sedang tidak digunakan. Hal ini untuk menghindari bagian atas karpet terinjak-injak, serta menjaga kebersihan karpet dari debu yang berterbangan di rumah.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membersihkan dan merawat karpet Anda, tenang saja. Saat ini banyak jasa pencucian karpet yang bisa menjemput dan mengantar karpet Anda setelah dibersihkan. Jadi, Anda tinggal duduk manis di rumah dan karpet Anda pun selalu terawat!

Baca juga: Tanda-tanda Anda Butuh Jasa Psikolog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *